Sabtu, 14 Mei 2022

Skema dan Cara Membuat LED Tester Autovolt Disertai Video Pembuatan


Langsung saja, postingan berikut ini merupakan lampiran untuk video saya yang sudah saya upload di sini.

Di post ini, saya sertakan skema dan bahan-bahan / komponen yang kita perlukan untuk membuat alat test chip LED.

alat teslampu led auto volt

Alat ini merupakan led tester versi sederhana dan versi kompak, karena hanya menggunakan beberapa komponen saja.

Tidak menggunakan voltmeter, tapi jika mau, bisa ditambahkan dibagian output dari dioda bridge.

Tapi meskipun sederhana, alat ini fully functional dan sangat membantu dalam menentukan chip LED mana yang mesti diganti.

Berikut ini daftar komponen dan peralatan yang kita perlukan.

1. Adaptor 12v

2. Jack DC female

3. Kapasitor mylar 100nF

4. Resistor 1K ohm

5. Dioda bridge SMD

6. PCB bolong 2x12 lubang

7. Kabel ganda

8. Jarum pentul 2 buah

Bahan dan peralatan pendukung.

1. Solder

2. Timah

3. Isolasi

4. Selang bakar / heat shrink tube

5. Lem power glue

Oh ya, yang perlu saya bahan di sini adalah nilai resistor yang saya gunakan.

Karena saya menginginkan alat test LED yang bisa mengetes LED 3V dan saya menggunakan adaptor 12V, maka saya menggunakan resistor sebesar 1K ohm.

Selain 1K ohm, kita juga bisa menggunakan resistor dengan rentang nilai 820 ohm sampai 1K2 ohm.

Jika nilai resistor terlalu rendah, maka biasanya ketika kita mengetes lampu LED dengan voltase rendah misal 3V, dan ngetesnya berulang kali atau terlalu lama, maka LED bisa mati.

Jika kita menggunakan adaptor 9V atau 10V, maka nilai resistor yang kita gunakan sebaiknya 560 ohm sampai 820 ohm.

Selanjutnya, dioda bridge yang digunakan untuk rangkaian ini adalah dioda bridge SMD copotan dari LED driver bekas lampu.

Kita juga bisa menemukan dioda bridge pada rangkaian adaptor switching.

Atau kita juga bisa membelinya dengan harga sangat terjangkau, dan juga bisa menggunakan sembarang dioda bridge.

Adapun untuk penggunaan elco, kita bisa juga menambahkan elco setelah dioda bridge.

Penambahan elco akan membuat LED yang kita test menjadi menyala lebih terang.

Tapi ingat, elco yang kita gunakan cukup dengan nilai 100-220uF.

Karena jika terlalu besar, maka tegangan 12V dari adaptor akan terakumulasi pada elco dan ketika digunakan untuk mengetes LED 3V maka cukup berbahaya karena LED bisa terbakar.

Oh ya, berikut ini merupakan skema dari rangkaian LED tester sederhana.

skema alat tes lampu led auto volt

Untuk proses pembuatannya, silahkan simak melalui video berikut ini.


Iklan

Back To Top